Siapa Penemu Twitter?

Jika Anda dilahirkan di masa sebelum Internet, definisi Anda tentang Twitter bisa jadi “serangkaian panggilan pendek atau bernada tinggi atau suara yang terutama terkait dengan burung”. Namun, bukan itu yang dimaksud Twitter di dunia digital saat ini. Twitter (definisi digital) adalah “alat olahpesan sosial gratis yang membuat orang tetap terhubung dengan pembaruan singkat ke pesan teks hingga 140 karakter yang lama disebut tweet”.

Mengapa Twitter Ditemukan

Twitter lahir dari kebutuhan dan kalender yang dirasakan. Smartphone relatif baru ketika Twitter pertama kali dirancang oleh penemu Jack Dorsey, yang ingin menggunakan ponselnya untuk mengirim pesan teks ke suatu layanan dan mendistribusikan pesan tersebut ke semua teman-temannya. Pada saat itu, sebagian besar teman Dorsey tidak memiliki ponsel dengan teks dan menghabiskan banyak waktu di komputer pribadi mereka. Twitter lahir dari kebutuhan untuk memungkinkan pengiriman pesan teks memiliki kemampuan lintas platform, untuk bekerja di telepon, komputer, dan perangkat lainnya.

Latar Belakang – Sebelum Twitter, ada Twttr

(Photo by Jaap Arriens/NurPhoto via Getty Images)

Setelah bekerja solo pada konsep selama beberapa tahun, Jack Dorsey membawa idenya ke perusahaan yang kemudian menggunakannya sebagai desainer web bernama Odeo. Odeo telah diciptakan sebagai perusahaan podcasting oleh Noah Glass dan lainnya, namun Apple Computers telah meluncurkan platform podcasting yang disebut iTunes yang akan mendominasi pasar, menjadikan podcasting pilihan yang buruk sebagai bisnis untuk Odeo.

Jack Dorsey membawa ide-ide barunya ke Noah Glass dan meyakinkan Glass tentang kelayakannya. Pada bulan Februari 2006, Glass dan Dorsey (dengan pengembang Florian Weber) mempresentasikan proyek tersebut kepada perusahaan. Proyek, awalnya bernama Twttr (dinamai oleh Noah Glass), adalah “sebuah sistem di mana Anda dapat mengirim teks ke nomor dan itu akan disiarkan ke semua kontak yang Anda inginkan”.

Proyek Twttr memperoleh lampu hijau dari Odeo dan pada bulan Maret 2006, prototipe yang berfungsi tersedia; pada Juli 2006, layanan Twttr dipublikasikan.

Tweet pertama
Tweet pertama adalah pada 21 Maret 2006, pada jam 9:50 malam Waktu Standar Pasifik, ketika Jack Dorsey tweeted “hanya menyiapkan twttr saya”.

Twitter terpisah dari Odeo

Evan Williams dan Biz Stone adalah investor aktif di Odeo. Evan Williams telah menciptakan Blogger (sekarang disebut Blogspot) yang ia jual ke Google pada tahun 2003. Williams bekerja sebentar untuk Google, sebelum pergi dengan rekannya Biz Stone untuk berinvestasi dan bekerja untuk Odeo.

Pada bulan September 2006, Evan Williams adalah CEO Odeo, ketika ia menulis surat kepada investor Odeo yang mengusulkan untuk membeli kembali saham perusahaan, dalam gerakan komersial strategis, Williams menyatakan rasa pesimismenya tentang masa depan. masyarakat dan mengecilkan potensi Twitter.

Evan Williams, Jack Dorsey, Biz Stone dan beberapa lainnya telah mengakuisisi saham mayoritas di Odeo dan Twitter. Cukup kekuatan untuk memungkinkan Evan Williams mengganti nama sementara The Obvious Corporation dan memecat pendiri dan pemimpin tim Odeo dari program Twitter yang sedang berkembang, Noah Glass.

Ada kontroversi seputar tindakan Evan Williams, pertanyaan tentang kejujuran suratnya kepada investor dan apakah dia telah menyadari potensi Twitter, bagaimana kabar kisah Twitter? terjadi, mendukung Evan Williams dan para investor siap untuk menjual kembali investasinya ke Williams.

Twitter (perusahaan) didirikan oleh tiga orang utama: Evan Williams, Jack Dorsey dan Biz Stone. Twitter terpisah dari Odeo pada April 2007.

Twitter semakin populer
Perpecahan besar Twitter terjadi pada konferensi musik South by Southwest Interactive (SXSWi) 2007, ketika penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 tweets per hari menjadi 60.000. Perusahaan ini sangat mempromosikan program ini dengan mengumumkannya di dua layar plasma raksasa di koridor konferensi, dengan streaming pesan Twitter. Peserta konferensi dengan penuh semangat mulai mengirim pesan ke tweet.

Dan hari ini, lebih dari 150 juta tweet terjadi setiap hari dengan lonjakan besar yang digunakan pada acara-acara khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *